WELCOME

Terimakasih Telah Mengunjungi Blog Saya

Rabu, 22 Juni 2011

Mengatur Gelombang Otak sesuai Tujuan yang ingin dicapai


Dirimu adalah apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Yah, memang benar keadaanmu bergantung pada apa yang menjadi keyakinanmu. Jika kamu yakin bahwa kamu adalah orang yang gagal maka otakmu akan memprogrammu untuk menjadi seorang yang mempunyai tindakan sebagai seorang yang gagal. Apa saja tindakan yang merupakan ciri tindakan orang gagal?
Ø  Tentu saja kurang percaya diri, minderan, mudah putus asa, tidak terbuka, dan lain-lain.
Hal-hal diatas dapat disebabkan oleh pemikiran dari otakmu.
Oke, seperti yang kita ketahui, otak kita mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa bahkan otak kita mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan diri, apabila kita yakin bahwa diri kita dapat sembuh dan obat adalah alat bantu agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Hal ini juga yang dilakukan para dokter untuk membuat plasebo.
         Bagaimana otak kita bekerja? Otak kita bekerja dengan cara menghasilkan gelombang listrik yang tentu saja pergerakannya sangat cepat. Coba bayangkan jika pergerakan gelombang listrik tersebut lambat, maka bisa saja anda menyentuh api dan baru lima menit kemudian merasa sakit.
Gelombang listrik yang ada di buat dalam otak kita ada berbagai macam dan terbentuk dalam kondisi yang berbeda.
Beberapa gelombang otak yang ada adalah :
  1. alpha : gelombang yang terbentuk saat kita akan tidur, baru bangun tidur atau dalam keadaan tenang   dan rileks dan gelombang ini sangat baik untuk belajar.
  2. beta :  gelombang sadar anda untuk beraktivitas dan bekerja.
  3. theta, 
  4. delta.
        Untuk gelombang lainnya silakan anda cari di Wikipedia dengan kata kunci “gelombang otak” atau “brain wave”.
Nah, karena gelombang alpha adalah gelombang yang sangat ideal untuk belajar karena dapat membuat proses belajar menjadi lebih efektif. Maka sangat disarankan untuk melakukan proses belajar dalam keadaan alpha. Cara-cara untuk menuju ke tahap gelombang otak alpha bisa dilakukan dengan membuat kondisi tubuh menjadi tenang dan rileks. 
        Namun bisa juga menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan binaural beats atau alat bantu untuk menuju tahap gelombang alpha.
Salah satu software yang bisa digunakan untuk membantu anda menuju gelombang alpha adalah dengan menggunakan software BrainWave Generator. Dalam software ini terdapat beberapa preset yang dapat digunakan sesuai dengan tujuannya. 
      Apakah anda ingin merasa fokus, rileks, kembali fresh, dan sebagainya.Software ini juga dapat membantu anda melakukan meditasi. Cara pakainya, cukup dengan menggunakan headset atau headphone stereo (jangan terbalik memakainya antara kiri dan kanan) dan mainkan preset audio yang sesuai dengan tujuan anda.

Otak kita adalah salah satu organ tubuh yang luar biasa.
Semoga bermanfaat.