WELCOME

Terimakasih Telah Mengunjungi Blog Saya

Senin, 10 Oktober 2011

Antivirus Baru dari Ikan Hiu


            Para ilmuwan dari Amerika serikat mengklaim bahwa sebuah senyawa kimia yang ada pada tubuh ikan hiu, ternyata bisa menjadi senjata ampuh melawan virus bagi manusia.
Senyawa yang disebut squalamine ini biasa digunakan ikan untuk melawan bakteri, namun tes laboratorium mengungkapkan squalamine juga bisa dijadikan antivirus yang baik. Sebab dapat membunuh spektrum yang luas dari virus manusia dan hewan.
          Ini terlihat dari uji coba sintetis squalamine yang telah diberikan kepada pasien dalam uji klinis untuk menghentikan pertumbuhan pembuluh darah karena kanker, hasilnya terlihat tanpa efek samping besar. Dalam uji coba terlihat squalamine mengganggu interaksi membran yang diperlukan untuk replikasi virus.
          "Senyawa ini merupakan harapan di dunia pengobatan. Mengingat profil keamanannya dan kemudahan untuk membuatnya, senyawa ini dengan cepat dapat diuji sebagai pengobatan baru yang potensial untuk penyakit virus mulai dari demam berdarah hingga hepatitis," demikian penjelasan Prof Michael Zasloff dari Georgetown University Medical Center, AS.