WELCOME

Terimakasih Telah Mengunjungi Blog Saya

Jumat, 26 Agustus 2011

HUKUM ISLAM


1.  Mukallaf
Orang mukallaf adalah orang muslim yang di kenai kewajiban atau perintah dan menjauhi larangan agama, karena telah dewasa dan berakal (akil baligh) serta telah mendengar seruan agama.

2.  Hukum-hukum Islam
Hukum islam yang biasa juga disebut hokum syara’ terbagi menjadi lima :
a)  Wajib : suatu perkara yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan ditinggalkan mendapat dosa.
Wajib atau fardhu dibagi menjadi dua bagian :
·       Wajib ‘ain : yang harus dikerjakan oleh setiap orang yang mukallaf sendiri. Contoh : shalat lima waktu, puasa, dsb.
·       Wajib kifayah : suatu kewajiban yang telah di anggap cukup apabila telah dikerjakan oleh sebagian dari orang-orang mukallaf. Dan berdosalah seluruhnya apabila tidak seorangpun dari mereka yang mengerjakannya. Contoh : menyalatkan mayit dan menguburkannya.

b)  Sunah : suatu perkara yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa dan tidak pula mendapatkan pahala.

Sunah dibagi menjadi dua bagian :
·       Sunah mu’akad : sunah yang sangat dianjurkan mengerjakannya. Contoh  : -    Shalat tarawih
-      Shalat idul fitri
-      Shalat adha
·       Sunah ghairu mu’akad : sunah biasa.

c)  Haram : suatu perkara yang apabila ditinggalkan mendapat pahala dan jika dikerjakan mendapat dosa. Contoh : minum minuman keras, mendurhakai orang tua, berdusta, dsb.

d)  Makruh : apabila dikerjakan tidak berdosa dan apabila ditinggalkan mendapat pahala. Contoh : makan bawang mentah, makan petai, dsb.

e)  Mubah : apabila dikerjakan tidak mendapatkan pahala dan tidak berdosa serta apabila ditinggalkan juga tidak mendapatkan pahala dan juga tidak mendapatkan dosa.